Pendidikan

Sistem pendidikan di Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) UB adalah Sistem Kredit Semester (SKS), yang merupakan sistem pembelajaran dengan menggunakan satuan kredit semester (sks) sebagai takaran beban belajar mahasiswa, beban belajar suatu program studi, maupun beban tugas dosen dalam pembelajaran.

PENGERTIAN SISTEM KREDIT SEMESTER (SKS)

Di dalam sistem kredit, banyaknya nilai kredit untuk masing-masing mata kuliah mandiri atau mata kuliah terintegrasi dalam blok, ditentukan atas dasar besarnya usaha untuk menyelesaikan tugas-tugas yang dinyatakan dalam macam-macam kegiatan pembelajaran yang telah ditetapkan.

Sistem semester adalah sistem penyelenggaraan program pendidikan yang menggunakan satuan waktu tengah tahunan yang disebut semester. Di dalam satu semester dalam pendidikan tahap sarjana setara dengan 16 minggu kerja atau sebanyak-banyaknya 19 minggu kerja termasuk waktu ujian ulang; sedangkan dalam pendidikan tahap profesi setara dengan 20 minggu kerja. Dalam setiap semester disajikan sejumlah kegiatan pembelajaran yang mempunyai bobot, dinyatakan dalam satuan kredit semester (sks), sesuai dengan yang ditetapkan dalam kurikulum. Penyelenggaraan pendidikan dalam satu semester terdiri dari kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan tahap pendidikan.

NILAI KREDIT DAN BEBAN STUDI

1. Nilai Kredit Semester untuk Perkuliahan dan Diskusi kelompok kecil (CBL, PBL)

Untuk satu sks kegiatan pembelajaran tersebut meliputi keseluruhan kegiatan per minggu sebagai berikut:

  1. Untuk Mahasiswa, meliputi:
    1. Lima puluh menit acara tatap muka terjadwal dengan dosen, misal kuliah atau diskusi kelompok
    2. Enam puluh menit acara kegiatan akademik terstruktur, yaitu kegiatan studi yang tidak terjadwal tetapi direncanakan oleh dosen, misalnya dalam bentuk mengerjakan pekerjaan rumah atau menyelesaikan soal-soal.
    3. Enam puluh menit acara kegiatan akademik mandiri, yaitu kegiatan yang harus dilakukan untuk mendalami, mempersiapkan atau tujuan lain suatu tugas akademik, misalnya dalam bentuk membaca buku
  2. Untuk Dosen, meliputi:
    1. Lima puluh menit acara tatap muka terjadwal dengan
    2. Enam puluh menit acara perencanaan dan evaluasi kegiatan akademik terstruktur.
    3. Enam puluh menit pengembangan materi kuliah

2.     Nilai Kredit Semester untuk Praktikum, Ketrampilan Pre Klinis (skills lab) dan Ketrampilan klinis

Untuk satu sks pada bentuk pembelajaran praktikum, ketrampilan pre klinis (skills lab) dan ketrampilan klinis meliputi 170 (seratus tujuh puluh) menit per minggu per semester.

3.     Nilai Kredit Semester untuk seminar (jurnal atau laporan kasus), penelitian dan praktek kerja lapangan.

  1. Untuk satu sks seminar meliputi tatap muka 110 menit per minggu ditambah kegiatan mandiri 60 menit per minggu per
  2. Untuk satu sks praktek kerja lapangan meliputi beban tugas di lapangan setara 170 menit per minggu selama satu
  3. Untuk Skripsi yang mempunyai beban setara dengan minimal 6 sks (6 x 170 menit) per minggu per semester

4.  Beban Studi dan Lama Studi

Dalam program sarjana kedokteran gigi total bebas sks yang harus ditempuh adalah 146 sks dengan masa studi 7 semester; sedangkan pada program profesi dokter gigi total sks yang harus ditempuh adalah 32 sks dengan masa studi 4 semester untuk pemenuhan seluruh ketrampilan klinis sesuai SKDGI (Standar Kompetensi Dokter Gigi Indonesia) tahun 2015 dan keikutsertaan mahasiswa dalam Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Dokter Gigi Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *